Materi
Pokok: Teorema Pythagoras
A. Tujuan
Pembelajaran : Mengenal tripel Pythagoras
B. Petunjuk
Penggunaaan LKS
1. Isilah
identitas pada kolom paling atas LKS.
2. Bacalah
petunjuk penggunaan LKS dengan cermat.
3. Baca
dan pahami materi yang ada pada LKS.
4. Diskusikan
dengan teman sekolompokmu, jika ada yang belum dimengerti tanyakan dengan Guru.
|
Langkah kerja!
1. Amati
gambar segitiga siku-siku yang telah disediakan.
No.
|
panjang sisi
masing-masing
(kotak satuan)
|
Keterangan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
…..
|
||
2.
|
……
|
||
3.
|
…….
|
||
4.
|
……
|
2. Dari
gambar-gambar tersebut, ukurlah panjang sisi masing-masing segitiga siku-siku
dengan menggunakan penggaris satuan kotak. Dan tentukan gambar mana yang dapat
diukur dengan menggunakan penggaris kotak satuan. Dan isilah pada tabel
berikut:
3. Lengkapilah
tabel berikut dengan cara memilih dua bilangan asli sembarang untuk a dan b dengan a > b,
sehingga diperoleh 3 bilangan bulat positif.
a
|
b
|
a2
– b2
|
2
a b
|
a2
+ b2
|
tripel
Pythagoras
|
2
|
1
|
3
|
4
|
5
|
3, 4 , 5
|
3
|
1
|
…
|
…
|
…
|
…
|
3
|
2
|
…
|
…
|
…
|
…
|
4
|
1
|
…
|
…
|
…
|
…
|
4
|
2
|
…
|
…
|
…
|
…
|
4
|
3
|
…
|
…
|
…
|
…
|
5
|
1
|
…
|
…
|
…
|
…
|
5
|
2
|
…
|
…
|
…
|
…
|
4. Dari tabel diatas, buatlah salah satu gambar dari tripel
pyhtagoras tersebut.
Dari
gambar tersebut, kelompok tiga bilangan bulat positif yang memenuhi kuadrat tiga
bilangan terbesar sama dengan jumlah kuadrat kedua bilangan lainnya disebut
………….
5. Selain
dari tabel diatas untuk mencari tripel pythagoras dapat dicari dengan rumus:
|
(a2 – b2)
2
ab
a2 + b2
6.
Berikut merupakan
panjang sisi-sisi segitiga siku-siku dan lengkapi table berikut:
No.
|
a
|
b
|
c
|
a2
|
b2
|
c2
|
a2 + b2
|
a2 + c2
|
b2 + c2
|
a2 + b2
= c2
|
a2 + c2
= b2
|
b2 + c2 = a2
|
1
|
3
|
4
|
5
|
9
|
16
|
25
|
25
|
34
|
41
|
Ya
|
Tidak
|
Tidak
|
2
|
12
|
13
|
5
|
|||||||||
3
|
17
|
8
|
15
|
|||||||||
4
|
9
|
12
|
15
|
Dari
tabel diatas. Nomor mana yang sesuai dengan gambar dibawah ini:
Nomor …. dan …… bersesuaian dengan
gambar A
Nomor …… bersesuaian dengan gambar
B
Nomor …... bersesuaian dengan gambar C
Jika
diketahui suatu segitiga siku-siku dengan sisi miring (hipotenusa) c, dan sisi
lainnya a dan b. Hubungan ketiga sisi tersebut adalah …..2 = ….2
+ …..2.
Dari kegiatan yang telah kalian lakukan.
Selesaikan soal berikut:
1.
Dua bilangan asli
sembarang untuk a dan b dengan a > b yaitu a = ….. dan
b = ….. Tentukan tripel pythagorasnya!
Penyelesaian :
Diketahui : a = …., b = ……
Ditanya : tripel Pythagoras= …..?
Jawab :
a
|
b
|
a2
|
b2
|
a2
– b2
|
2
a b
|
a2
+ b2
|
tripel
Pythagoras
|
Jadi,
tripel Pythagorasnya adalah ………………
2.
Dari tiga bilangan …,
…., ….. Apakah merupakan tripel Pythagoras?
Penyelesaian:
Diketahui : a = …., b = …., c = ……
Ditanya : tripel Pythagoras= …..?
a
|
b
|
c
|
a2
|
b2
|
c2
|
a2 + b2
|
a2 + c2
|
b2 + c2
|
a2 + b2
= c2
|
a2 + c2
= b2
|
b2
+ c2 = a2
|
Jawab :
Jadi, bilangan
……………………. merupakan tripel Pythagoras.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar