Minggu, 23 Oktober 2016

LKS/ LKPD Mengenal tripel Pythagoras


LKS 1
Horizontal Scroll: Nama Kelompok : 1.
     2. 
     3.
     4.
     5.
Kelas   :
Hari/Tanggal  :


                                                                                                                      







Materi Pokok: Teorema Pythagoras  


A.    Tujuan Pembelajaran : Mengenal tripel Pythagoras

B.     Petunjuk Penggunaaan LKS
1.      Isilah identitas pada kolom paling atas LKS.
2.      Bacalah petunjuk penggunaan LKS dengan cermat.
3.      Baca dan pahami materi yang ada pada LKS.
4.      Diskusikan dengan teman sekolompokmu, jika ada yang belum dimengerti tanyakan dengan Guru.


Mari kita cari tahu apa itu tripel Pythagoras !!


 
Mari Belajar





Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgyiGqQXTgbU2Q9h-d6RHVkHZuAV-qeP1t8fVOvLO4Ay4KpYhmqBU-tflW-pvqUhi6SW-ht5w70DpsUMA_SoWI7naMOo_Ljotzk0e-Xu1xHY-umhHOhmiUzfDrig1yh80k0eRNP3xr1QaKr/s827/semangat-tanoo1.pngLangkah kerja!
1.    Amati gambar segitiga siku-siku yang telah disediakan.
No.
panjang sisi
masing-masing
(kotak satuan)
Keterangan
Ya
Tidak
1.
…..


2.
……


3.
…….


4.
……


2.    Dari gambar-gambar tersebut, ukurlah panjang sisi masing-masing segitiga siku-siku dengan menggunakan penggaris satuan kotak. Dan tentukan gambar mana yang dapat diukur dengan menggunakan penggaris kotak satuan. Dan isilah pada tabel berikut:






3.    Lengkapilah tabel berikut dengan cara memilih dua bilangan asli sembarang untuk a dan b dengan a > b, sehingga diperoleh 3 bilangan bulat positif.
a
b
a2 – b2
2 a b
a2 + b2
tripel Pythagoras
2
1
3
4
5
3, 4 , 5
3
1
3
2
4
1
4
2
4
3
5
1
5
2
4.    Dari tabel diatas, buatlah salah satu gambar dari tripel pyhtagoras tersebut.




Dari gambar tersebut, kelompok tiga bilangan bulat positif yang memenuhi kuadrat tiga bilangan terbesar sama dengan jumlah kuadrat kedua bilangan lainnya   disebut ………….
5.    Selain dari tabel diatas untuk mencari tripel pythagoras dapat dicari dengan rumus:

Dengan a > b dan a, b merupakan bilangan bulat positif
 
(a2b2)
2        ab
a2 + b2
6.    Berikut merupakan panjang sisi-sisi segitiga siku-siku dan lengkapi table berikut:
No.
a
b
c
a2
b2
c2
a2 + b2
a2 + c2
b2 + c2
a2 + b2 = c2
a2 + c2 = b2
b2 + c2 = a2
1
3
4
5
9
16
25
25
34
41
Ya
Tidak
Tidak
2
12
13
5









3
17
8
15









4
9
12
15










Dari tabel diatas. Nomor mana yang sesuai dengan gambar dibawah ini:

 


                              
Nomor …. dan …… bersesuaian dengan gambar A
Nomor …… bersesuaian dengan gambar B
 Nomor …... bersesuaian dengan gambar C
Jika diketahui suatu segitiga siku-siku dengan sisi miring (hipotenusa) c, dan sisi lainnya a dan b. Hubungan ketiga sisi tersebut adalah …..2 = ….2 + …..2.


Curved Down Ribbon: Soal Kelompok Dari kegiatan yang telah kalian lakukan. Selesaikan soal berikut:
1.    Dua bilangan asli sembarang untuk a dan b dengan a > b yaitu a = ….. dan
 b = ….. Tentukan tripel pythagorasnya!
Penyelesaian :
Diketahui      : a = …., b = ……
Ditanya         : tripel Pythagoras= …..?
Jawab           :
a
b
a2
b2
a2 – b2
2 a b
a2 + b2
tripel Pythagoras









Jadi, tripel Pythagorasnya adalah ………………
2.      Dari tiga bilangan …, …., ….. Apakah merupakan tripel Pythagoras?
Penyelesaian:
Diketahui  : a = …., b = …., c = ……
Ditanya     : tripel Pythagoras= …..?
a
b
c
a2
b2
c2
a2 + b2
a2 + c2
b2 + c2
a2 + b2 = c2
a2 + c2 = b2
b2 + c2 = a2












Jawab        :

Jadi, bilangan ……………………. merupakan tripel Pythagoras.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LKS/ LKPD Mengenal tripel Pythagoras


LKS 1
Horizontal Scroll: Nama Kelompok : 1.
     2. 
     3.
     4.
     5.
Kelas   :
Hari/Tanggal  :


                                                                                                                      







Materi Pokok: Teorema Pythagoras  


A.    Tujuan Pembelajaran : Mengenal tripel Pythagoras

B.     Petunjuk Penggunaaan LKS
1.      Isilah identitas pada kolom paling atas LKS.
2.      Bacalah petunjuk penggunaan LKS dengan cermat.
3.      Baca dan pahami materi yang ada pada LKS.
4.      Diskusikan dengan teman sekolompokmu, jika ada yang belum dimengerti tanyakan dengan Guru.


Mari kita cari tahu apa itu tripel Pythagoras !!


 
Mari Belajar





Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgyiGqQXTgbU2Q9h-d6RHVkHZuAV-qeP1t8fVOvLO4Ay4KpYhmqBU-tflW-pvqUhi6SW-ht5w70DpsUMA_SoWI7naMOo_Ljotzk0e-Xu1xHY-umhHOhmiUzfDrig1yh80k0eRNP3xr1QaKr/s827/semangat-tanoo1.pngLangkah kerja!
1.    Amati gambar segitiga siku-siku yang telah disediakan.
No.
panjang sisi
masing-masing
(kotak satuan)
Keterangan
Ya
Tidak
1.
…..


2.
……


3.
…….


4.
……


2.    Dari gambar-gambar tersebut, ukurlah panjang sisi masing-masing segitiga siku-siku dengan menggunakan penggaris satuan kotak. Dan tentukan gambar mana yang dapat diukur dengan menggunakan penggaris kotak satuan. Dan isilah pada tabel berikut:






3.    Lengkapilah tabel berikut dengan cara memilih dua bilangan asli sembarang untuk a dan b dengan a > b, sehingga diperoleh 3 bilangan bulat positif.
a
b
a2 – b2
2 a b
a2 + b2
tripel Pythagoras
2
1
3
4
5
3, 4 , 5
3
1
3
2
4
1
4
2
4
3
5
1
5
2
4.    Dari tabel diatas, buatlah salah satu gambar dari tripel pyhtagoras tersebut.




Dari gambar tersebut, kelompok tiga bilangan bulat positif yang memenuhi kuadrat tiga bilangan terbesar sama dengan jumlah kuadrat kedua bilangan lainnya   disebut ………….
5.    Selain dari tabel diatas untuk mencari tripel pythagoras dapat dicari dengan rumus:

Dengan a > b dan a, b merupakan bilangan bulat positif
 
(a2b2)
2        ab
a2 + b2
6.    Berikut merupakan panjang sisi-sisi segitiga siku-siku dan lengkapi table berikut:
No.
a
b
c
a2
b2
c2
a2 + b2
a2 + c2
b2 + c2
a2 + b2 = c2
a2 + c2 = b2
b2 + c2 = a2
1
3
4
5
9
16
25
25
34
41
Ya
Tidak
Tidak
2
12
13
5









3
17
8
15









4
9
12
15










Dari tabel diatas. Nomor mana yang sesuai dengan gambar dibawah ini:

 


                              
Nomor …. dan …… bersesuaian dengan gambar A
Nomor …… bersesuaian dengan gambar B
 Nomor …... bersesuaian dengan gambar C
Jika diketahui suatu segitiga siku-siku dengan sisi miring (hipotenusa) c, dan sisi lainnya a dan b. Hubungan ketiga sisi tersebut adalah …..2 = ….2 + …..2.


Curved Down Ribbon: Soal Kelompok Dari kegiatan yang telah kalian lakukan. Selesaikan soal berikut:
1.    Dua bilangan asli sembarang untuk a dan b dengan a > b yaitu a = ….. dan
 b = ….. Tentukan tripel pythagorasnya!
Penyelesaian :
Diketahui      : a = …., b = ……
Ditanya         : tripel Pythagoras= …..?
Jawab           :
a
b
a2
b2
a2 – b2
2 a b
a2 + b2
tripel Pythagoras









Jadi, tripel Pythagorasnya adalah ………………
2.      Dari tiga bilangan …, …., ….. Apakah merupakan tripel Pythagoras?
Penyelesaian:
Diketahui  : a = …., b = …., c = ……
Ditanya     : tripel Pythagoras= …..?
a
b
c
a2
b2
c2
a2 + b2
a2 + c2
b2 + c2
a2 + b2 = c2
a2 + c2 = b2
b2 + c2 = a2












Jawab        :

Jadi, bilangan ……………………. merupakan tripel Pythagoras.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar